4
November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.9 Menjelaskan
ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan
benar.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan
benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan
benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
gambar imajinatif dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan
menggambar imajinatif dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan
alat dan bahan menggambar dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
menggambar imajinatif dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan
pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
- Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan
ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat
mengidentifikasi ruas garis yang
membatasi model bangun ruang dengan tepat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
- Siswa
menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas
garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak
segiempat, dan prisma tegak segitiga.
- Mengoreksi
kebenaran jawaban siswa.
- Bertanya
jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
- Memberikan
motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
- Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Gambar-gambar yang berhubungan dengan
kegiatan yang mencerminkan
sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.
Materi
Pembelajaran
Jawablah pertanyaan berikut
berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat
bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap
isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar
kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab:
...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat
bermain jarang
dibersihkan?
Jawab:
...................................................................?
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti!
Bagaimana tempat bermain Dayu dan
temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?
Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk
kubus!
Amatilah
gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah
kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan
teman-teman?
Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?
Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!
5 November 2019
5 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model
konkret bangun datar dan bangun ruang
Tujuan Pembelajaran
- Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami
dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk
membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan
bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif
berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
- Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis
yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
ruang dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara
tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa
dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca
dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Siswa menuliskan
laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2.
Siswa diberikan
arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3.
Siswa
membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
dan bentuk bangun datar
·
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.
Materi
Pembelajaran
Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam
membuat kerajinan dari tanah liat?
Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah
liat?
Bacalah
petunjuk berikut dengan nyaring!
Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada
bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas
garis pada prisma?
Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas
garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE,
dan CF.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab:
...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab:
...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab:
...................................................................
6 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan
Pembelajaran
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara
tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca
dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan
ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami
dengan tepat.
- Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat
mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif
menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan
alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
- Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif
berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan
rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan
banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat
mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut
pada bangun ruang.
2.
Mengoreksi
kebenaran jawaban siswa.
3.
Bertanya jawab
tentang materi yang belum dipahami siswa.
4.
Memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
halaman sekolah yang tidak sehat
·
Gambar
bangun datar
·
Gambar
gerakan menari sambil menyapu lantai
Materi
Pembelajaran
7 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa
lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman) secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah
dibaca dengan tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia
yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan
tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh
dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud
persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar
rumah dengan bahasa yang santun.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
- Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah
dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
- Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
- Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
siswa.
- Memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
paket PKn dan Bahasa Indonesia
·
Gambar yang berhubungan dengan cara
menjaga kebersihan dan kesehatan
ruangan kelas.
·
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.
Materi
Pembelajaran
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab:
...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab:
...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab:
...................................................................
Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
8 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah
dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam
keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
- Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu
dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
- Melalui
penugasan, siswa dapat mensimulasikan pengalaman tentang melakukan
kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan
benar.
- Melalui penugasan,
siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan
lingkungan menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan
benar.
- Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat membaca teks
pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan
lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara
menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara
menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
tepat.
- Dengan
mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk,
sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan
mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak
rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan
mengamati ciri setiap gambar atau model bangun ruang, siswa dapat
mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan
dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada bangun ruang.
2.
Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3.
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4.
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi
belajar siswa.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
·
Gambar
bangun datar
·
Gambar
manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu
Materi
Pembelajaran
Dayu dan teman-teman menunjukkan kebersamaan
dalam bermain.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
Apa manfaat persatuan ketika bermain?
Apa pula akibat yang kamu peroleh jika tidak
bersatu
ketika bermain?
Informasi apa
yang dapat kamu peroleh dari teks diatas?
Bandar Lampung, Oktober 2019
Wali Kelas
II Guru Kelas II
, S.Pd
,
S.Pd
Mengetahui
Kepala SD Al Azhar
2 Bandar Lampung
Hj. SRI MARGIYANI,
S.Pd
NIP.
196011031982032005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar