KISI – KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
TEMA 1 (Subtema 1 dan Subtema 2) KELAS 2 SD SEMESTER
GANJIL
TP. 2019 / 2020
No.
|
KompetensiDasar
|
Indikator
|
1.
|
PKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan
benar.
3.1.1 menentukan pengamalan sila Pancasila yang
sesuai dengan cerita tersebut.
3.1.1 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila
di rumah dengan benar.
3.1.1 menuliskan rumusan sila Pancasila dengan benar.
3.1.1 menunjukkan contoh perilaku di tempat
bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
3.1.1 menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila
ketiga Pancasila dengan benar.
3.1.2 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila
di rumah dengan benar.
3.1.2 memasang gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima
Pancasila dengan benar.
|
2
|
B. INDONESIA
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut
dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
3.1.1 menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan
tepat.
3.1.1 menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
3.1.1 menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu
dengan benar.
3.1.1 menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
3.1.1 menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
benar.
3.1.1 menemukan kalimat ajakan yang terdapat dalam teks lagu yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
|
3
|
MATEMATIKA
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya.
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
.
|
3.1.1 menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999
dengan benar.
3.1.1 membaca bilangan cacah sampai 999.
3.1.1 menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
3.1.1 menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan
tiga angka dengan teliti.
3.2.1 mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai
terbesar dan sebaliknya.
3.2.1 membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak,
sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
3.2.1 membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
3.2.1 membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu
bilangan.
|
4.
|
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam
tari.
|
3.2.1 membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
3.2.1 membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.
3.2.2 menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki sesuai
hitungan dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan
benar.
3.3.2 mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
3.3.3 mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
3.3.4 mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki
dengan benar.
|
5
|
PJOK
3.1
Memahami variasi gerak dasar lokomotor
|
3.1.1 menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan
benar
3.1.1 menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
3.1.1 menjelaskan prosedur gerakan berlari ke
berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar