Sabtu, 26 Maret 2011

MEMAHAMI KARAKTER ANAK

                              Setiap anak memiliki harapan dan keinginan
                    tersendiri.inilah yang harus kita pahamaai se
                    bagai orang tua/guru,kita harus memahami
                    keunikan mereka.
Tentunya kita para guru dan orang tua akan sependapat bahwa"GURU HARUS PEKA PADA KEUNIKAN SISWA"sehingga tenaga pendidik diharapkan dapat mengembangkan potensi anakdidiknya guna mendukung peningkatan mutu pendidikan.


Proses pendidikan tersebut mencakup tiga ranah yaitu:KOGNITIF,AFEKTIF dan PSIKOMOTORIS.
Pada peningkatan ranah KOGNITIF artinya:siswa atau peserta didik memperoleh penambahan sejumlah pengetahuan.Motivasi tenaga pendidik mengilhami peserta didik untuk menumbuhkan wawasan ilmu pengetahuan.
Peningkatan ranah AFEKTIF artinya peserta didik senantiasa tumbuh pemahaman sikap positif akan hal-hal yang patut dikrjakan dan sikap negatif mana yang ditinggalkan.
Peningkatan ranah PSIKOMOTOIK artinya peserta didik dapat melakukan sejumlah pekerjaan praktis dalam aplikasi kehidupannya.
Namun dalam perjalanan proses pembelajaran yang disampaikan tenaga pendidik kepada peserta didik tidak jarang dibutuhkan perjuangan.khususnya mengatasi kesulitan dalam mengajarkan anak yang "SULIT".
Pemahaman"ANAK SULIT" yang dimaksud adalah berupa tingkah laku peserta didik atau siswa dalam menentukan sikapnya sendiri terhadap nilai-nilai kehidupan baik dilingkungan pergaulan.  
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar